Social
Network Business
Nama : MOHAMMAD
NURDIN
Kelas : 4IA20
1. Pendahuluan
Kelas : 4IA20
1. Pendahuluan
Untuk kali ini pada mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika saya akan
membahas seputar SNB atau Social Network Business. Kemajuan pada
bidang teknologi informasi berdampak juga pada kegiatan jaringan sosial atau social
network. Social network adalah sebuah struktur sosial yang dibuat oleh
beberapa individu yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Struktur
sosial ini terbentuk atas dasar pertemanan, kesamaan hobi, pengetahuan, cinta
dan lain sebagainya. Social network dapat kita jumpai di tempat kerja,
universitas, dan sekolah tinggi. Dengan berkembangnya internet, struktur sosial
ini dengan mudah terbentuk dalam dunia online, karena internet
diisi oleh jutaan individu yang dapat saling bertemu sesama pengguna internet
untuk membawa dan membagi informasi berbagai macam topik dari politik, humor,
gosip hingga ilmu pengetahuan dengan lebih mudah.
Network Business adalah suatu
sistem atau cara untuk meningkatkan bisnis Anda dan membangun hubungan pribadi
untuk membawa Anda pada suatu bisnis baru. Konsep ini terdengar sederhana namun
ada kekomplekskannya juga, berhubung ini melibatkan membangun dan membina
hubungan atau relationship dengan pribadi lainnya. Dengan memanfaatkan
teknologi internet sebuah brand menjadi relatif mudah melakukan promo atau menjangkau
target pemasaran produknya. Berpromosi lewat jejaring sosial memiliki sejumlah
keuntungan bagi pemilik brand,
antara lain lebih hemat biaya dan efektif.
2. Teori
Social Network Business atau Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan,
platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan
sosial atau hubungan sosial di antara
orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau
hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari
perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya,
dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan
penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat
elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas
dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial,
meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat
pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup.
Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas,
acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.
· Sejarah
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya
inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki
aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999
dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm,
live journal, Cyword yang berfungsi memperluas
informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun
2002, muncul friendster sebagai
situs
anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam
keanjutannya, friendster ini lebih
diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003,
muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R,
You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring
sosial yang paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace
mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook
dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan
mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah
situs sosial bagi anak muda. Twitter
menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang
yang kita ikuti (follow). Tahun
2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia
yang bernama Ketiker.
Ketiker adalah situs web yang
menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
·
Kelebihan
Keberadaan situs jejaring sosial ini
memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang
dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan
menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs
jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
·
Kelemahan
Kemunculan situs jejaring sosial ini
menyebabkan interaksi interpersonal secara
tatap muka (face-to-face)
cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial
karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini
membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam
kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa
dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang
berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
· Dampak Sosial dari Social Network
Business
Dengan berbasis web layanan jaringan sosial memungkinkan
untuk menghubungkan orang-orang yang berbagi minat dan aktivitas di, ekonomi,
dan geografis perbatasan politik diseluruh dunia tanpa terbatas. Melalui e-mail
dan pesan instan, komunitas online yang dibuat di mana ekonomi hadiah dan
altruisme timbal balik didorong melalui kerjasama .
Dan dengan menggunakan jejaring sosial para usahawan atau
perusahaan dan pebisnis sering memanfaatkannya untuk memasarkan produk nya,
baik lewat iklan-iklan di web khusus ataupul lewat baner-baner ataupun lewat
forum-forum yang memang kerap dijadikan sebagai sarana untuk ajang transaksi.
Dan hal itu dinilai lebih jauh menguntungkan dari segi bisnis dan efisiensi.
Sehingga hal demikian banyak membantu para usahawan ataupun perusahaan untuk
memasarkan produknya.
· Implementasi dalam Dunia Bisnis
1. Model Bisnis
Beberapa jaringan sosial saat ini uang untuk biaya
keanggotaan. Pada bagian, ini mungkin karena jaringan sosial adalah layanan
baru yang relatif, dan nilai menggunakan mereka belum mantap dalam ‘pikiran
pelanggan. Perusahaan seperti MySpace dan dapat menjual iklan online di situs
mereka. model bisnis mereka adalah berdasarkan jumlah keanggotaan yang besar,
dan pengisian untuk keanggotaan akan menjadi kontraproduktif. Beberapa percaya
bahwa informasi yang lebih dalam bahwa situs terhadap setiap pengguna akan
memungkinkan jauh lebih baik daripada iklan bertarget situs lain yang saat ini
dapat menyediakan.
Jaringan sosial beroperasi dengan model bisnis otonom, di
mana para anggota jaringan sosial yang menjadi peran ganda baik sebagai pemasok
dan konsumen konten. Hal ini berbeda dengan model bisnis tradisional, dimana
para pemasok dan konsumen adalah agen yang berbeda. Pendapatan biasanya
diperoleh dalam model bisnis otonom melalui iklan, tapi berbasis pendapatan
berlangganan adalah mungkin bila keanggotaan dan konten tingkat yang cukup
tinggi.
2. Aplikasi Bisnis
Penggunaan layanan jaringan sosial dalam konteks perusahaan
menyajikan potensi memiliki dampak yang besar terhadap dunia bisnis dan kerja
(Fraser & Dutta 2008 ).
Jaringan sosial menghubungkan orang dengan biaya rendah, ini
dapat bermanfaat bagi pengusaha dan usaha kecil yang ingin memperluas basis
menghubungi mereka. Jaringan ini sering bertindak sebagai alat manajemen
hubungan pelanggan bagi perusahaan yang menjual produk dan jasa. Perusahaan
juga dapat menggunakan jaringan sosial untuk iklan dalam bentuk banner dan
iklan teks. Sejak perusahaan beroperasi secara global, jaringan sosial bisa
membuatnya lebih mudah untuk tetap berhubungan dengan kontak di seluruh dunia.
Salah satu contoh jaringan sosial yang digunakan untuk
tujuan bisnis adalah LinkedIn.com yang bertujuan untuk interkoneksi
profesional. LinkedIn memiliki lebih dari 40 juta pengguna di lebih dari 200
negara.
.
3. Analisa
Menurut saya materi yang diatas mengenai
social network merupakan media bagi kegiatan
bisnis. Dengan banyak juga orang yang memanfaatkan social network ini menjadi
lahan bisnis yang mengiurkan mereka bisa dengan mudah memasarkan yang mereka
jual di facebook,twitter,instagram dan macam macam social network lainnya
sehingga konsemen dengan mudah mencari barang yang di inginkan.
4. Refrensi
http://fortuneindo.com/read/blog/peran-media-sosial-dalam-strategi-pemasaran-bisnis/
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar