Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
Powered By Blogger

Corporate Information Management (CIM)

Senin, 18 November 2013


1.1       Pendahuluan
Kali ini akan membahas mengenai Corporate Information Management (CIM) Pada saat ini perusahaan ditekankan untuk dapat mengelola data-data perusahaannya dengan baik agar lebih teratur dan data tetap utuh terjaga. Demi kelangsungan perusahaan ke depannya, perusahaan membutuhkan pegawai untuk menjalankan perusahaan dan pemimpin yang cakap dan tegas dalam menjalankan tugasnya dalam melakukan manajemen organisasi tersebut. Manajemen merupakan proses yang melibatkan semua kegiatan pengambilan keputusan, koordinasi upaya kelompok, dan kepemimpinan. Fungsi manajemen adalah menggabungkan sumber daya manusia, materi, uang, metode, mesin, dan moral untuk mencapai tujuan perusahaan. CIM atau dapat dikenal dengan istilah SIM (Sistem Informasi Manajemen) adalah suatu proses untuk pembentukan strategi, merencanakan pasokan untuk informasi masa yang akan datang, proses untuk meningkatkan nilai utilitas suber daya informasi yang tersedia, memastikan kepatuhan terhadap informasi perundangan yang berlaku dan juga meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi.

1.2 LANDASAN TEORI
CIM (Corporate Information Management) atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Manajemen Informasi Dalam Perusahaan. Informasi merupakan salah satu jenis sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan dikenal dengan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dikenal dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga. Pengertian Manajemen Informasi menurut McLeod tahun 1998, adalah seluruh aktifitas untuk memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat.

Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Sekarang ini terdapat 2 alasan yang membuat manajer memberi perhatian yang lebih besar terhadap manajemen informasi yaitu :
1. Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat
  • · Pengaruh Ekonomi Internasional
  • · Persaingan Dunia
  • · Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
  • · Batas waktu yang Singkat
  • · Kendala kendala Sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik

Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi
Dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan , manajer sangatlah berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen. Biasanya seorang manajer yang berpengalaman dan berhasil memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua keahlian yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.
· Keahlian komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis meliputi laporan, surat, memo, e-mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan terjadi saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, dan kunjungan sosial.
· Keahlian Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah (Problem Solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan. Masalah secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin merugikan. Seorang manajer harus bisa memecahkan suatu masalah , agar menghasilkan suatu solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
Pengetahuan manajemen
Mengerti komputer dan mengerti informasi merupakan dua jenis pengetahuan manajer yang merupakan kunci dalam manajemen informasi menggunakan komputer. Mengerti komputer yaitu pengetahuan mengenai komputer yang mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer. Mengerti informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, di mana informasi diolah, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.

1.3       Analisa
Menurut pengertian-pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen yang diimplementasikan pada suatu perusahaan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Hasil dari pengolahan sumber daya akan menghasilkan sesuatu yang tergantung suber daya  manusia yang mengolahnya. Manusia dapat melakukan perencanaan agar pengolahan data yang diterima menghasilkan hasil yang maksimal.Pengalaman saya dalam pengaplikasian SIM secara langsung mungkin belum pernah, tetapi saya pernah bekerja di suatu perusahaan yang bergerak di bidang TI yang notabene mengaplikasikan pekerjaan menggunakan sistem terstruktur.

Sumber :
http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/8353/pertemuan5_6.pdf
http://chanisia.wordpress.com/2010/01/01/sistem-informasi-pada-perusahaan/
http://en.wikipedia.org/wiki/Management_information_system
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15
http://it.toolbox.com/blogs/enterprise-design/the-six-dimensions-of-corporate-information-management-14790
http://materibelajar.wordpress.com/2009/05/21/konsep-manajemen-informasi/




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar