1.1 Pendahuluan
Kali ini akan membahas mengenai Corporate Information
Management (CIM) Pada saat ini perusahaan ditekankan untuk dapat mengelola
data-data perusahaannya dengan baik agar lebih teratur dan data tetap utuh
terjaga. Demi kelangsungan perusahaan ke depannya, perusahaan membutuhkan
pegawai untuk menjalankan perusahaan dan pemimpin yang cakap dan tegas dalam
menjalankan tugasnya dalam melakukan manajemen organisasi tersebut. Manajemen
merupakan proses yang melibatkan semua kegiatan pengambilan keputusan,
koordinasi upaya kelompok, dan kepemimpinan. Fungsi manajemen adalah
menggabungkan sumber daya manusia, materi, uang, metode, mesin, dan moral untuk
mencapai tujuan perusahaan. CIM atau dapat dikenal dengan istilah SIM (Sistem
Informasi Manajemen) adalah suatu proses untuk pembentukan strategi, merencanakan
pasokan untuk informasi masa yang akan datang, proses untuk meningkatkan nilai
utilitas suber daya informasi yang tersedia, memastikan kepatuhan terhadap
informasi perundangan yang berlaku dan juga meningkatkan laba atas investasi di
teknologi informasi.
1.2 LANDASAN
TEORI
CIM (Corporate Information Management) atau dalam bahasa
Indonesia dapat diartikan sebagai Manajemen Informasi Dalam Perusahaan.
Informasi merupakan salah satu jenis sumber daya yang tersedia bagi manajer,
selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin
dan uang digunakan dikenal dengan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi
dan data dikenal dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat
dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi
perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin
menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.
Pengertian Manajemen Informasi menurut McLeod tahun 1998, adalah seluruh
aktifitas untuk memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan
membuangnya pada saat yang tepat.
Pentingnya Manajemen Informasi dalam
Perusahaan
Sekarang
ini terdapat 2 alasan yang membuat manajer memberi perhatian yang lebih besar
terhadap manajemen informasi yaitu :
1. Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat
- · Pengaruh Ekonomi Internasional
- · Persaingan Dunia
- · Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
- · Batas waktu yang Singkat
- · Kendala kendala Sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
Peranan Manajer dalam Pengelolaan
Manajemen Informasi
Dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan ,
manajer sangatlah berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut
manajer harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen. Biasanya
seorang manajer yang berpengalaman dan berhasil memiliki banyak keahlian,
tetapi ada dua keahlian yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.
· Keahlian
komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan
informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis meliputi
laporan, surat, memo, e-mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan terjadi
saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, dan kunjungan
sosial.
· Keahlian
Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah (Problem Solving)
sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah
dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap masalah
sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan. Masalah secara negatif sebagai suatu
kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan
atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin merugikan.
Seorang manajer harus bisa memecahkan suatu masalah , agar menghasilkan suatu
solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan
(Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan.
Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
Pengetahuan manajemen
Mengerti komputer dan mengerti informasi merupakan dua jenis
pengetahuan manajer yang merupakan kunci dalam manajemen informasi menggunakan
komputer. Mengerti komputer yaitu pengetahuan mengenai komputer yang mencakup
pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan
kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer. Mengerti informasi
yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap
dari prosedur pemecahan masalah, di mana informasi diolah, dan bagaimana
membagikan informasi dengan orang lain.
1.3 Analisa
Menurut pengertian-pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa
Sistem Informasi Manajemen yang diimplementasikan pada suatu perusahaan dapat
mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja perusahaan di masa yang akan
datang. Hasil dari pengolahan sumber daya akan menghasilkan sesuatu yang
tergantung suber daya manusia yang
mengolahnya. Manusia dapat melakukan perencanaan agar pengolahan data yang
diterima menghasilkan hasil yang maksimal.Pengalaman saya dalam pengaplikasian
SIM secara langsung mungkin belum pernah, tetapi saya pernah bekerja di suatu
perusahaan yang bergerak di bidang TI yang notabene mengaplikasikan pekerjaan
menggunakan sistem terstruktur.
http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/8353/pertemuan5_6.pdf
http://chanisia.wordpress.com/2010/01/01/sistem-informasi-pada-perusahaan/
http://en.wikipedia.org/wiki/Management_information_system
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15
http://it.toolbox.com/blogs/enterprise-design/the-six-dimensions-of-corporate-information-management-14790
http://materibelajar.wordpress.com/2009/05/21/konsep-manajemen-informasi/
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar