Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!
Powered By Blogger

SII ( Strategy of Information Integration)

Minggu, 29 Desember 2013

1.           Pendahuluan
Tugas softskill kali ini membahas SII ( Strategy of Information Integration). Sebelum masuk ke pembahasan Strategy of Information Integration, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian terlebih dahulu. Strategi merupakan taktik dalam pelaksanaan sebuah rencana (biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu). Integrasi bisa diartikan sebagai proses penyesuaian terhadap sesuatu. Sedangkan informasi adalah sebuah data yang telah diolah sehingga memiliki nilai. Jika dilihat dari arti masing-masing kata.

2.         Teori
SII bisa disebut dengan strategi integrasi informasi, merupakan salah satu konsep dari SIM.
Teori Integrasi Informasi merupakan teori tentang pengorganisasian pesan atau informasi yang dikemukakan oleh Martin Feishbein. Teori ini berasumsi bahwa "organisasi mengakumulasikan dan mengorganisasikan informasi yang diperolehnya tentang sekelompok orang, objek, situasi atau ide-ide untuk membentuk sikap yang sesuai dengan konsep yang terbentuk dari hasil penerimaan informasi tersebut" (Little John, 1997:234-240).
 
Dengan adanya pengintegrasian berbagai sistem dapat saling berhubungan. Keuntungan dari adanya pengintegrasian adalah :
1.      membaiknya arus informasi dalam sebuah organisasi
2.      mendorong manajer untuk membagikan informasi yang dihasilkan oleh departemennya agar secara rutin mengalir ke sistem lain yang memerlukannya.
Sebagai contoh, pengintegrasian sistem informasi dapat dilihat pada peristiwa-peristiwa berikut :
1.      merger dan akusisi antara dua atau sejumlah organisasi, seperti : perbankan, asuransi, pendidikan dan lain sebagainya.
2.      restrukturisasi korporasi yang dilakukan dengan mengubah pola relasi antar anak perusahaan.
3.      strategi kerjasama berbagai institusi pemerintah secara lintas sektoral untuk meningkatkan kinerja birokrasi.
4.      tuntutan berbagai mitra usaha dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas aliansi dan kolaborasi.
SII (Strategy of Information Integration) dirasakan perlu untuk menyelesaikan integrasi sistem yang tidak berhasil, ada enam tahap pelaksanaan integrasi, antara lain :
1.      Eksploitasi Kapabilitas Lokal
2.      Lakukan Integrasi Tak Tampak
3.      Kehendak Berbagi Pakai
4.      Redesain Arsitektur Proses
5.      Optimalkan Infrastruktur
6.      Transformasi Organisasi

Dan ini merupakan pendapat lain mengenai SII menurut beberapa ahli  :

1.    Menurut Alfred Chandler: The determination of the basic long-term goals and objectives of an enterprise, and the adoption of courses of action and the allocation of resources necessary for carrying out these goals.Menurut James Brian Quin: The pattern or plan that integrates an organization’s major goals, policies, and action squences into a cohesive whole.
2.    Menurut William F. Glueck: A unified, comprehensive, and integrated plan designed to ensure that the basic objectives of the enterprises are achieved.Menurut Henry Mintzberg: A pattern in a stream of decisions or actions.
3.    Menurut Wikipedia: A long term plan of action designed to achieve a particular goal, most often “winning”.
4.    Kutipan dari buku Pengantar Manajemen Strategik Kontemporer, Strategik di Tengah Operasional / J. Hutabarat dan M. Huseini, dikatakan bahwa: Dalam bidang manajemen, definisi mengenai strategi cukup beragam dan bervariasi dari beberapa ahli dan pengarangnya. Gerry Johnson dan Kevan Scholes (dalam buku “Exploring Corporate Strategy”) misalnya mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pihak yang berkepentingan (stakeholder).
5.    Henry Mintzberg mendefinisikan strategi sebagai 5P, yaitu: strategi sebagai PERSPECTIF, strategi sebagai POSISI, strategi sebagai PERENCANAAN, strategi sebagai POLA kegiatan, dan strategi sebagai “PENIPUAN” (Ploy) yaitu muslihat rahasia.Sebagai Perspektif, di mana strategi dalam membentuk misi, misi menggambarkan perspektif kepada semua aktivitas. Sebagai Posisi, di mana dicari pilihan untuk bersaing. Sebagai Perencanaan, dalam hal strategi menentukan tujuan performansi perusahaan. Sebagai Pola kegiatan, di mana dalam strategi dibentuk suatu pola, yaitu umpan balik dan penyesuaian.

3.      Analisa
Dengan pembahasan diatas saya dapat menyimpulkan Strategi Integrasi Informasi atau sii adalah suatu strategi yang dipakai suatu perusahaan atau pembisnis yang dilakukan sesuai informasi. Sebuah rencana dan informasi garus sesuai dengan jalannya yaitu: Rencana yang matang, Desain data, Pemeliharaan data, Pengoperasian rencana. Dengan tujuan agar produk atau jasa yang kita miliki menjadi daya tarik bagi konsumen sehingga konsumen tersebut memakai produk atau jasa kita.

4.      Referensi


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar